5/31/07

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengurus

Peserta
Semua pengurus Komisariat Periode 2006/2007 (pengurus sekarang) dan pengurus tahun sebelumnya. Pengurus tahun sebelumnya diikutkan sebagai peserta dengan pertimbangan untuk memantapkan mereka sekaligus menjaga kesinambungan program tahun lalu dengan sekarang

Bentuk Kegiatan
Focus Discusion Group.
Peserta dibagi menjadi kelompok kecil (5-6 orang) untuk berdiskusi membahas satu topic tertentu tentang komisariat yang telah ditentukan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi peserta dalam hal mengidentifikasi permasalahan, mencari alternatif pemecahan persoalan dan menentukan solusi yang tepat terhadap persoalan sesuai topic yang telah ditentukan. Untuk memandu diskusi ada fasilitator yang dipilih dari salah satu alumni.

Home Discusion Group
Peserta dari Focus Discusion Group kemudian akan digabungkan satu sama lain dengan Focus Discusion Group lainnya untuk membentuk Home Discusion Group. Home discussion akan mendengarkan hasil pembahasan yang diperoleh oleh peserta pada focus group masing-masing. Kemudian mengolahnya menjadi satu kesatuan bahasan menyeluruh. Untuk memandu home discussion ada fasilitator yang dipilih dari salah satu alumni.

Pembuatan Makalah dan Presentasi
Setiap kelompok Home Discusion Group membuat makalah 3-4 lembar untuk mendokumentasikan hasil pikiran mereka dalam diskusi focus dan home group. Kemudian mereka presentasi, agar dapat diketahui secara verbal apa yang menjadi pikiran mereka tentang permasalahan-permasalahan sekaligus alternative pemecahan masalah mereka

Kegiatan Kebersamaan
Dalam bentuk sholat berjamaah dan makan bersama. Termasuk ikut kegiatan ini adalah fasilitator dan alumni lainnya yang hadir (peninjau)

Waktu
Sabtu-Ahad 9-10 Juni 2007

Tempat
Wisma Hastorenggo Kaliurang


Penasehat
Drs. Syamsul Rizal

Panitia
Yanto Darmawan, Gandi Hidayat, Fandi Adiatama, Fredryka Giri Herwanto, Habibilah, Aditya Yorinda, Sunar, Yoga Saputra, Widyatmaka, Hijrah Dwi Saputro.

Fasilitator
Nunung Udiatna, Hendy Setyo Yulianto, Eko Dadik Riyadi, Agus Srimuladi, Ucup Sulistyono, Ahim Abdurrahim, Ari Dwi Setyo, Andang Haryadi, Gandi Hidayat.

No comments: